-->

9 Fitur Baru WhatsApp. Apakah Anda Sudah Mengetahuinya?

Fitur Baru Whatsapp

9 Fitur Baru WhatsApp. Apakah Anda Sudah Mengetahuinya? - Media sosial ini sangat populer semenjak BBM (BlackBerry Massager) bekurang, karena kemudahannya dalam mengirim pesan, file atau gambar dan sebagainya. Namun, ada beberapa fitur terbaru dari versi WhatsAapp sekarang yang akan admin bahas di artikel ini.

Tahun 2020, WhatsApp memiliki beberapa fitur baru yang telah resmi dirilis maupun yang masih dalam tahap pengembangan. Namun, banyak diantara para pengguna yang masih belum mengetahui kabar gembira ini.

Apa itu WhatsApp?

WhatsApp Messenger adalah aplikasi pesan untuk ponsel cerdas. Sebenarnya aplikasi WA menggunakan koneksi internet 3G, 4G atau WiFi untuk komunikasi data. Dengan menggunakan aplikasi ini, sobat dapat melakukan obrolan daring, berbagi file, bertukar foto dan lain-lain.

Inilah beberapa fitur terbaru dari aplikasi WhatsApp, sebagai berikut:

Mute Selamanya

Mute selamanya WhatsApp baru saja meluncurkan fitur Mute Selamanya. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membisukan notifikasi di grup WhatsApp tak hanya sampai satu tahun. Namun dengan adanya fitur ini pengguna bisa menonaktifkan notifikasi percakapan untuk selamanya.

Hal tersebut telah disampaikan dalam keterangan di aplikasi WhatsApp terbaru versi 2.20.201.23 yang tersedia di playstore. “Sekarang chat dapat dibisukan selamanya, tidak hanya untuk maksimum 1 tahun,” ujar keterangan tersebut. Untuk menggunakannya pengguna cukup mengklik ikon titik tiga pada percakapan yang ingin dibisukan, selanjutnya pilih "mute notification" setelahnya pilih "Always"

Dark Mode

Awal Maret lalu, fitur Dark Mode aplikasi ini sudah dapat digunakan para pengguna di Indonesia. Dark Mode memang menjadi salah satu fitur yang paling dinanti-nanti pengguna WhatsApp sejak lama. Fitur ini dapat digunakan pada perangkat Android versi 2.20.64 dan iOS versi 2.20.30.

Setelah melakukan pembaruan aplikasi WhatsApp, buka menu Settings, kemudian buka menu Chats, klik menu Theme dan aktifkan Dark Mode. Tidak hanya tampilan yang gelap, fitur ini juga diklaim dapat menghemat penggunaan daya perangkat Anda.

Dark Solid Colors

Setelah memperbaharui aplikasi WhatsApp di Android menjadi versi Beta 2.20.31, pengguna juga dapat mengaktifkan warna background lain untuk fitur Dark Mode.

Sebelum menerapkan fitur ini, pastikan fitur Dark Mode telah aktif, kemudian pilih menu Settings, setelah itu pilih menu Charts, klik menu Wallpaper dan klik Solid Color. Ada beberapa warna lain yang tersedia selain hitam, seperti merah, biru, hijau, dan abu-abu.

Self-Destructing Messages

Walaupun masih dalam tahap pengembangan, Self Destructing Messages adalah fitur yang juga paling ditunggu-tunggu para pengguna. Jika sebelumnya aplikasi ini hanya menyediakan fitur ‘menarik pesan’ yang dinilai kurang efektif, kini pengguna bisa mengakses fitur ‘menghapus pesan’.

Fitur ini dapat membuat penggunanya menghapus pesan secara langsung atau mengatur waktu penghapusannya, mulai dari satu jam sampai satu tahun.

Multi-Device Support

Multi-Device Support memungkinkan pengguna mengakses di beberapa perangkat dengan satu akun. Namun, pengguna masih harus bersabar karena fitur ini masih dalam tahap pengembangan. Nantinya, Multi-Device Support juga dapat melakukan sinkronisasi riwayat obrolan untuk menyalin semua obrolan dari perangkat sebelumnya.

QR Code

Kehadiran fitur QR Code membuat pengguna tidak perlu harus menambahkan kontak jika ingin mengirim pesan kepada orang baru. Cara mengakses fitur ini, pilih menu Settings, kemudian klik simbol QR Code di samping kolom Profile. Pada tampilan tersebut, akan ada kolom QR Code WhatsApp Anda dan juga kolom scanning barcode.

Search by Date

Fitur Search by Date akan memudahkan para pengguna untuk mencari pesan berdasarkan tanggal yang diinginkan. Cara mengakses fitur ini, pengguna hanya perlu membuka salah satu chat room dan memilih menu Search.

Setelah itu, akan ada tampilan seluruh isi pesan di chat room tersebut yang telah dikelompokkan berdasarkan tanggalnya.

Search on The Web

Fitur Search on The Web mempermudah pengguna untuk mencari tahu kebenaran informasi dari setiap forward chat. Jika forward chat tersebut telah diteruskan sebanyak 4 kali, simbol ‘search’ akan otomatis muncul di samping kolom chat.

Sayangnya, fitur ini baru dapat diakses pengguna di beberapa negara saja, seperti Amerika Serikat, Brasil, Italia, Irlandia, Meksiko, Spanyol, dan Inggris.

Video Call 50 Orang

Sejak Mei lalu, pengguna WhatsApp sudah bisa melakukan panggilan video dengan 50 orang peserta melalui Messenger Rooms. Fitur ini tersedia bagi WhatsApp versi web yang dapat diakses melalui aplikasi web Whatsapp.com dan aplikasi WhatsApp dekstop. Untuk membuat panggilan video pengguna dapat memilih menu titik tiga di kanan atas kemudian klik menu “Create a Room”.

Usai diklik layar akan menampilkan pop-up pemberitahuan unuk melanjutkan ke halaman Messenger. Setelahnya pengguna dapat memilih opsi “Lanjutkan dengan Messenger” guna memulai panggilan video. Nantinya pengguna akan dibawa ke halaman baru untuk login Facebook. Masukkan email dan kata sandi Facebook. Setelahnya pengguna akan ditujukan ke halaman yang menyediakan link khusus yang dapat disalin untuk mengundang pengguna lain.

Nah, itulah fitur-fitur terbaru media sosial WhatsApp yang dapat admin bagikan. Semoga bermanfaat dan berguna bagi yang membutuhkan. Sampai jumpa, sekian dan terima kasih.